Persiapan MPASI Baby Alea

Assalamu’alaykum para pemirsa dimanapun anda berada… *halah

Yuhuuuu…setelah lama pake banget off sebagai blogger, kali ini…bismillah mulai nulis lagi (sambil bersihin sarang laba-laba…hehe). Udah lebih dari setahun senampaknya ini blog ga diurus, maklum udah sibuk ngurus yang lain semenjak jadi isteri…hihi.

Alhamdulillah putri kecil kami yang selama 40 minggu dibawa kemana-mana didalem perut saya, sudah lahir ke dunia tanggal 22 Maret 2016 ini dengan sehat dan selamat. Setelah melalui perundingan pada konferensi meja bundar, finally putri kami diberi nama Alea Sofi Hafizha, panggil saja Bunga *plaaakkk. (Emang berita kriminal…wkwkw😀 ). Maksud saya panggil saja Alea. Dan setelah melalui perjuangan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan ini, akhirnya saat-saat yang ditunggu sebentar lagi tiba. 22 September ini, usia Alea tepat 6 Bulan. It means MPASI Timeeee. Deg-degan? Pastinya. Semoga proses MPASI Alea berjalan lancar dan sukses…aamiin.

Diusia yang menjelang 6 bulan, Alhamdulillah Alea sudah menunjukan tanda-tanda siap untuk MPASI, walau agak deg2an juga menunggu tanda-tanda ini. Berdasarkan info dari berbagai sumber. buku, browsing, video youtube dr. Tiwi, ini adalah tanda-tanda Alea sudah siap, InsyaAllah…

  1. Alea sudah menunjukan ketertarikan bila melihat orang lain makan. Gak Cuma tertarik, tapi tangannya sudah mengambil makanan yang kita pegang.
  2. Sudah bisa duduk dengan kedua tangan menopang badannya. Memang belum tegak, karena duduk tegak tanpa ditopang itu ada diusia baby 8 bulan.
  3. Karena refleks menelan belum baik sehingga mudah tersedak, maka kepala bayi harus sudah tegak. Cara men-ceknya adalah pada saat posisi bayi tidur kepala bayi dapat terangkat saat kedua tangannya ditarik. Nah, ini salah satu hal yang saya tunggu-tunggu. Saya stimulus pelan-pelan sejak usia 5 M. Sampai alhamdulillah akhirnya kepala Alea sudah bisa mengangkat kepala seirama saat kedua tangannya diangkat pada usia 5 M 14 D.
  4. Oiya, fyi aja…BB Alea saat ini 6.5 kilogram diusia 5 M 19 D. Alhamdulillah masih ada dikurva hijau KMS, walau kemarin sempat bapil sampai pernah turun BB nya L . Yang jelas sih info dari berbagai sumber, berat bayi berusia 6 bulan harus 2 kali BBL. Alea lahir 2.695 kg, artinya dua kali lipatnya adalah minimal 5.4 kg. So, BB Alea saat ini sudah baik.

Next…Persiapan MPASI Alea….Horeeee…Sungguh yaaa, ini emaknya sangat antusias. Ceritanya udah sejak 2 minggu yang lalu saya listing dan hunting keperluan mpasi Alea. Apa aja item yang kemudian jadi targetan saya? Ini dia listnya…

  1. Buku-buku

buku-mpasi

Sejak negara api menyerang, saya mulai paham bahwa Ilmu selalu menjadi prioritas atas amal. Jadi sebelum melakukan segala sesuatu, ilmu tetap didahulukan. Begitu kata Rasulullah yang disampaikan oleh guru saya. So, sebelum melakukan yang lain saya perkaya dulu keilmuan tentang MPASI. Gak harus dari buku melulu kok, karena sekarang teknologi kan sudah canggih, bisa browsing sana-sini. Cuma kalo saya dengan buku biasanya lebih greget belajarnya, nanti tambahannya bisa dari mbah google dan mbakyu tub. Nah, Ini adalah 3 buku yang jadi bahan bacaan saya. Alhamdulillah tiga-tiganya spesial dari Abinya Alea. Bundanya tinggal melahap hap aja. Buku-buku sangat membantu terutama saat membuat daftar menu MPASI Alea dan how to make and serve-nya.

  1. Booster Seat

booster-seat

Saya beli Babydoes untuk menemani MPASI Alea. Untuk pemberian mpasi memang tidak disarankan sambil digendong atau tidur, karena kemampuan mengendalikan otot saraf dibagian kepala dan leher belum baik. So pemberian makan lebih baik dalam posisi duduk. Selain itu, agar baby terbiasa disiplin saat makan.

  1. Feeding Set

Saya beli feeding set warna-warni. Mangkok merk Munchkin dan sendoknya merk Pumpee. Sebenernya ada feeding set yang sudah BPA Free (Ex-Kado) Cuma warnanya putih aja. Sengaja saya beli yang begini, karena berdasarkan hasil penelitian yang ada, bahwa perlengkapan makan yang full color bisa membangkitkan gairah makan si kecil. Semoga Alea semangat makannya…😀

  1. Training Cup (MagMag by Pigeon)

magmag

Ini buat latihan mimi Alea juga, biar pelan2 bisa lepas dari dotnya. Yang dipilih Magmag-nya pigeon, karena ujungnya silicone jadi lebih lembut buat gusinya dan kalau silicone nya rusak, bisa dibeli silicone nya aja.

  1. Spoon Feeder

food-feeder

Nah buat awal-awal MPASI yang si baby belum bisa makan sendiri (Metode BLW), spoon feeder ini cukup membantu untuk nyuapin Alea.

  1. Food Maker

food-maker-pigeon-2

Yang ini Pigeon. Udah lengkap-kap buat  Alhamdulillah gak beli, karena udah ada yang kadoin.

  1. Blender

Kebetulan pake blender yang ada dirumah aja. Cuma pakenya grinder yang kecilnya aja, berhubung gak banyak yang diblend.

  1. Slabber

Nah ini gak ketinggalan, menumbuhkan rasa semangat makan karena ada benda baru yang dipake saat Alea mau makan.

  1. Panci (Untuk mengukus)

Saya gak pake slow cooker, lebih hemat dan murmer saya pilih beli panci yang mini aja buat ngukus buah/sayurnya.

  1. Mini Container/ Wadah Es Batu

Kalo yang ini buat nyimpen stok makanan.

  1. Food Grinder

grinder

Ini belum dibeli sih, nanti mungkin menjelang 8 bulan. Supaya pelan-pelan Alea bisa naik tekstur makannya.

Dan yang gak ketinggalan adalah menu mpasi Alea…

Sekian yang bisa dibagi dari Bunda-nya Alea…Semoga bermanfaat. Semoga nanti bisa nulis lagi buat share pengalaman mpasinya Alea…

Happy MPASI,Alea !!!

Bogor, 17 September 2016

Linda J Kusumawardani

Blogger Pembelajar Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s