My “Hijrah”

Bismillahirrahmanirrahim

Dulu tulisan ini ada dipage ta’aruf…namun saat ini ku ganti dengan page “My Little Story…Hijrah”

Ingin bercerita tentang pengalaman ku yang satu ini, mungkin akan terkesan biasa bagi orang lain. Namun tidak bagiku…karena cerita ini merupakan titik tolak hijrah yang ku lakukan….semoga Allah tetap memberikan keistiqomahan…Amiiin…dan alhamdulilah bisa terdokumentasikan lewat tulisan ini….

Mulai saja….

Tak ada yang istimewa dari ku…semua biasa saja…perjalanan hidupku pun biasa saja. Namun menjadi luar biasa ketika menjelang kelulusan SMA…inilah awal perjalanan hidupku yang baru…SMA Negeri 1 Cileungsi adalah sekolah bagi masa remaja ku…ya…disana aku menuntut ilmu selama 3 tahun.

Sebuah cerita singkat akan ku ceritakan, sebuah cerita yang membawa ku menyadari untuk mengenal-Nya lebih dekat….dan jauh lebih dekat…….

Senin itu merupakan hari pertama Sanlat a.k.a Pesantren Kilat disekolah.Seperti tahun2 sebelumnya setiap diadakan sanlat pakaian yang ku kenakan akan berubah…semua serba panjang dan tak lupa aku menggunakan Jilbab, uppss…mksd ku kerudung (Nanti ku jelaskan mengapa ku ralat). Sanlat pun berjalan seperti biasa, namun aku lupa hari keberapa tepatnya…hari itu menjadi awal kegelisahan hati ku, hari itu yang membuat malam ku tak pernah tenang….

Berawal dari seorang ustadz yang mengisi tausyiah di ruang kelas ku. Tak ku ingat persis bagaimana ustadz itu berkata, namun kurang lebih seperti ini “adik-adik kita semua tahu kan ini adalah bulan Ramadhan, bulan penuh kebarokahan, bulan dimana setiap permohonan akan didengar dan dikabulkan oleh Alloh. Saya yakin bahwa tidak semua siswi yang ada dikelas ini sudah menngenakan jilbab sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Alloh yang merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslimah. Oleh karena itu, Saya ingin adik2 semua disini berjanji.Berjanji dihadapan saya, teman2 sekelas dan didengar oleh Malaikat dan Alloh. ”

Mendengar kata2 ustadz itu, tiba2 hati ku bergemuruh….entah apa yang ustadz itu mksd aku masih tidak mengerti. Aku tetap diam mendengarkannya walau hati ku tak karuan. Ustadz itu pun terus berbicara didepan kelas dihadapan kami para siswi yang duduk dilantai tanpa kursi “Saya ingin adik2 disini semua berjanji kapan akan mulai menggunakan jilbab, dengan suara keras yang akan didengar oleh teman2 sekelas yang akan menjadi saksi nanti diakhirat”. mendengar kata2 itu hati ku semakin tidak jelas…Mulai muncul pertanyaan dalam hati kku sendiri kapan aku akan menggunakan jilbab…??????Astagfirullah…

“Baiklah setiap orang akan menyebutkan janjinya kapan akan menggunakan jilbab, dan akan dimulai dari adik yang duduk dipaling kiri saya” ….MasyaAlloh aku adalah orang ke-2 dari sebelah kiri….bagaimana ini????hati ku berkecamuk, hanya 1 hal yang ku pikirkan saat itu. Bagaimana nti kalau janji itu tak ku penuhi, dan seluruh kelas akan menjadi saksi nya….saat itu aku duduk berderet dengan 3 orang teman dekat ku. Sebelum ustadz menunjuk, kami sudah diskusi terlebih dahulu kapan kami akan menggunakan jilbab….Akhirnya kami bertiga sepakat akan mulai menggunakan jilbab saat kami kuliah…Dan Akhirnya dimulailah pengambilan janji itu dimulai dari teman ku paling kiri, kemudian aku. Dan aku pun berjanji “Saya berjanji, saya akan menggunakan jilbab ketika saya kuliah”….dilanjutkan sampai orang ke-3 dan seterusnya.

Setelah sampai setengah dari jumlah siswa, teman ku yang ku anggap sudah menggunakan jilbab berjanji akan menggunakan jilbab ketika sudah menikah….Nah loh????aku bingung, dan aku pun bertanya pada teman ku yang lain, “eh, kok dia berjanjinya kalau sdh menikah.kan dia udah pake jilbab”…yang lain menjawab “Nda..itu bukan jilbab,dia itu pakai kerudung. Jilbab itu yang lebar yang menutupi dada”…Ya Alloh aku salah ternyata…Bagaimana ini??ada perasaan takut dlm hati ku..bgmn nanti jika janji itu tak ku penuhi dan seluruh siswi yang ada dikelas itu menjadi saksi ku diakhirat….Tak sabar aku menunggu sampai org terakhir mengikrarkan janjinya….Setelah semua mendapat giliran, aku pun mengacungkan telunjuk dengan berani dan mengatakan…”Pak, saya mau ralat janji saya. Saya berjanji akan mennggunakan jilbab ketika saya sudah menikah” ….Eh, si ustdz dengan santainya membalasku dengan senyum sambil berkata ” tak perlu diralat, InsyaAlloh jika kita sdh memiliki niat maka Alloh akan memudahkan jalannya”…

Semenjak hari itu malam2 ku lalui dengan kegelisahan, pertanyaan2 mengenai jilbab…ku pikirkan janji yang sdh terlanjur ku katakan dihadapan anak2 sekelas dan tidak bisa diralat…Terpikirkan, bgmn jika ku tak mampu memenuhi janji itu….setelah sanlat aku sering menanyakan mengenai jilbab ke teman Rohis ku yang sudah menggunakannya..dia pun berkata hal yang sama seperti ustadz “Alloh akan memudahkan jalannya bila sudah diniatkan semua nya”….ku pegang kata2 sahabat ku dan ustadz itu….setelah lulus ku mulai belajar menggunakan kerudung…mencari tempat kuliah pun sdh mulai ku gunakan…sampai akhirnya Akademi Kimia Analisis Bogor menjadi tempat ku menggali ilmu yang baru….

Subhanalloh…apa yang dikatakan sahabat ku dan ustadz itu benar, Alloh memudahkan jalan ku untuk perlahan-lahan aku mengulurkan jilbab ku…di kampus inilah aku pun bersyukur tiada henti, karena selain aku belajar memulai mengenakan jilbab sesungguhnya sesuai yang diperintahkan, Alloh juga memberi ku banyak saudara yang semakin menambah rasa cinta ku pada-Nya..kampus ini yang telah Alloh jadi kan wasilah untuk ku dalam menemukan cahaya-Nya…keindahan ukhuwah itu pun Luar Biasa ku rasa….Bertemu dalam lingkaran kecil setiap pekan, Syuting a.k.a Syuro Penting (hehe…) menjadi rutinitas ku dan saudara2 ku yang lain….Mereka mengajarkan ku tentang rasa cinta sesungguhnya….

Sehingga saat ini aku tahu ukhuwah itu memang indah…….Subhanalloh…..

Jazakillah Khoir ku ucapkan untuk mu sdr/i ku….

Semoga Allah tetap memberikan keistiqomahan pada kita semua…Amiin….

Wasalam….

Linda J Kusumawardani

10 thoughts on “My “Hijrah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s