NOLI…I Will Miss You :’)

Bekerja bagi ku tidak hanya sesederhana sebuah kalimat untuk menjemput rejeki dari-Nya yang halal dan barokah. Namun lebih dari itu, bekerja juga merupakan salah satu tempat ku untuk belajar di dunia ini, ini adalah salah satu universitas kehidupan yang penuh dengan aplikasi dari teori dengan segala kompleksitasnya, disana juga merupakan salah satu tempat membentuk keluarga baru, bersilaturahim, membentuk sebuah karakter dan menambah kedewasaan dalam menjalani hidup. Kenyamanan dalam menjalaninya adalah menjadi hal yang paling utama bagi ku, karena pekerjaan yang paling baik untuk diri kita adalah pekerjaan yang menjadikan diri kita bahagia saat menjalaninya, yang tidak hanya disebabkan oleh income yang besar saja. Pekerjaan yang kita jalani harus dijalani dengan cinta dan keikhlasan. Ikhlas dan semangat untuk datang lebih awal, ikhlas dan menikmati pekerjaan dan juga bersyukur menerima rejeki yang memang sudah ditentukan untuk kita. Dengan begitu insyaAllah keberkahan akan lebih terasa….

Itulah pekerjaan bagi diri ku…

Pindah kerja dari satu tempat ke tempat yang lain bukanlah keinginan ku sebenarnya, karena itu sebenarnya terkait dengan tuntutan hidup..hehe. Sifat yang manusiawi saat kita menginginkan sesuatu hal yang lebih baik lagi dalam hidup, apapun itu yang akhirnya menuntut kita untuk berusaha lebih dari yang kita lakukan saat ini. Karena Allah tidak akan mengubah keadaaan suatu kaum melainkan kaum itu sendiri.

Alhamdulillah…Allah selalu memberikan yang terbaik untuk setiap hamba-Nya. Dia yang telah memberi jalan ku untuk mejemput rejeki itu disini, PT JX Nippon Oil & Energy Lubricants Indonesia (NOLI) selama kurang lebih 1 tahun 1 bulan. Banyak yang telah ku pelajari dari sini yang pada umumnya sama dengan tempat sebelumnya, mulai dari masalah pekerjaan sampai kepada perbedaan-perbedaan karakter. Namun, disini ternyata lebih dari itu, disini juga tempat Allah mengabulkan beberapa mimpi dan harapan ku. Satu per satu semua mozaik kehidupan itu mulai nampak dengan cara-Nya yang Indah, Alhamdulillah.

1 Tahun 1 bulan adalah waktu yang sangat sangat singkat bagi ku untuk berada disini. Ini adalah waktu tersingkat dibandingkan dengan 2 tempat kerja ku sebelumnya. Hingga kini sampailah waktu ku tiba untuk mengucapkan selamat tinggal pada seluruh rekan kerja dan pihak management disana. Perpisahan adalah memang hal yang paling menyakitkan dan tentunya tak pernah disukai banyak orang. Namun, memang pada hakikatnya disetiap pertemuan pasti ada perpisahan. Hingga sampailah akhirnya pada sebuah harap semoga silaturahim kami akan tetap terjalin melalui media komunikasi yang semakin berkembang. Aamiin…

Dalam kurun waktu 1 tahun terakhir cukup banyak memori yang akan aku ingat disini. Kebiasaan kebiasaan yang akan aku rindukan…Orang-orang yang luar biasa dan sensei-sensei yang sangat baik, terutama Takahashi-Sensei yang saat ini sudah pensium. Kakek, begitu cara kami memanggilnya. Kakek adalah salah satu sensei yang akan aku rindukan keceriaannya dan caranya menghiburku sampai sebelum beliau kembali ke negara asalnya, Jepang.

The Last Moment Before Our Sensei Back to Japan

Dari sekian banyak hal yang akan aku rindukan adalah kebiasaan  Taisho setiap pagi…🙂

And Finally…it’s time to me to say goodbye….

Tanpa terasa sudah lebih dari 1 tahun aku bekerja disana…

Rabu, 31 Oktober nanti adalah menjadi waktu ku untuk meninggalkan sebuah tempat yang selama ini sudah menciptakan banyak sekali kesan dan kenangan. Sebuah kesan kekeluargaan yang begitu terasa bagi ku. Terutama untuk Departmen QC yang memang disanalah aku berada. Kami berjumlah 7 orang yang terdiri dari Pak Ardian (Our Manager), Mba Putri, Mas Mukhlis, Mas Arief, Mba Aas, Nunu dan aku sendiri. Kami memiliki karakter yang berbeda, karena memang berasal dari latar belakang yang berbeda. Bapak dan Mba Putri dengan latar belakang Sumatra, Palembang dan Aceh. Mas Mukhlis, Mas Arief dan Nunu dengan latar belakang Sunda. Aku dan Mba Aas dengan latar belakang Jawa. Tentu ini semua terasa sangat berwana…

Aku ingin mengucapkan terima kasih pada Bapak (sebutan kami untuk Bapak Manager), yang sudah mempercayakan aku membantunya untuk menyelesaikan project ISO 9001:2008. Seandainya beliau tahu, ini adalah hal yang aku tunggu dan nanti selama beberapa tahun lalu. No wonder if I really enthusiastic and love this job…

Selama 6 bulan aku membantu beliau sebagai QMR untuk men-set-up sistem ini dari nol sebagai Document Control dan Lead Auditor. Tentu ini adalah sebuah kesempatan yang tak mungkin aku sia-siakan. Karena aku telah menunggunya…Thanks Allah…

Till I should face that time… The time I had to decide something. It was a difficult thing when I was trying to convey my resignation planning effective for The end of August.

Karena aku harus melanjutkan studi pasca sarjana. Padahal sertifikasi baru akan dilakukan pada bulan Oktober. Sedangkan disisi lain sistem sudah mulai dijalankan 70%. Menyadari tidak mungkin perusahaan bisa menerima kondisi ku yang harus kuliah setiap Kamis-Sabtu. Maka aku pun mengikhlaskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini. Ternyata diluar dugaan ku, bapak yang selalu berpikir selangkah lebih maju dibandingkan kebanyakan orang, berhasil mengusulkan hal lain pada pihak top management, yaitu mengusulkan adanya dispensasi untuk ku sampai akhir Oktober hingga sertifikasi dilakukan. Sehingga aku tetap bisa melakukan kuliah pada hari Kamis-Sabtu dan tetap bekerja pada hari Senin-Rabu selama 2 bulan terakhir. Baru kemudian efektif berhenti pada akhir Oktober ini. Selain itu bapak juga tetap mengusulkan income/ bulan ku tetap dibayar full dengan cara memotong jatah cuti ku yang masih berjumlah 12…Alhamdulillah :’). Walau aku memiliki sedikit pertimbangan, pertimbangan adanya kecemburuan sosial yang mungkin terjadi dengan kondisi seperti ini. Ahh…tapi sudahlah…Bapak lebih bisa menenangkan ku.

Bapak dengan karakter perfeksionis nya berhasil memperbaiki sifat tidak teliti ku dalam bekerja, beliau juga selalu memiliki caranya untuk memotivasi aku dan teman-teman. Dengan karakternya yang perfeksionis itu  beliau membuat kami bekerja displin dalam menyelesaikan pekerjaan. Tapi Beliau pernah mengatakan “Kamu lebih baik gak usah tahu saya dulu kayak apa.” Begitulah bapak yang melarang kami mengetahui bagaimana beliau jaman dulu, padahal saya udah terlanjur nanya duluan sama konsultan yang dulunya juga rekan kerja beliau ditempat sebelumnya…hehe. Diluar dari hal itu beliau adalah orang yang sangat mampu menempatkan diri sesuai dengan kondisi. Saat bercanda, serius ataupun saat ngobrol-ngobrol ringan.

Walau begitu aku sendiri tak pernah tahu bagaimana hasil pekerjaan ku dinilai dimata beliau…yang aku tahu, adalah aku selalu mendapat pelajaran baru setelah menyelesaikan satu pekerjaan. Terkait dengan hal itu, beliau pernah memberitahukan suatu hal pada kami “Kamu boleh salah setiap hari. Tapi kesalahan itu harus berbeda karena itu artinya kamu belajar”. Kalimat ini yang pada akhirnya memotivasi aku dan teman-teman untuk belajar lebih teliti agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Beliau juga mengajarkan kami banyak hal mulai dari cara menganalisis suatu masalah, cara memandang suatu masalah hingga memutuskan sesuatu. Beliau jugalah yang membuatku semakin menikmati semua pekerjaan ku. Kerja-Kuliah (Cibitung-Depok) memang terasa berat pada awalnya, namun perlahan itu terkikis hingga akhirnya semua mulai aku nikmati.

And finally before I leave this company, seseorang menyampaikan ini pada ku. Mungkin ini dapat merangkum penilaian beliau Ini terhadap ku yang pernah disampaikan pada seseorang

“Sebenarnya saya bingung mencari pengganti linda. Saya suka dengan kerjanya. Linda itu fokus dalam melakukan pekerjaannya, saya senang dengan hasil pekerjaannya yang rapih. Kamu tahu kenapa linda bisa begitu? Karena dia mencintai pekerjaannya. Itu sebabnya kenapa dia bisa total. Satu kekurangannya, mungkin dia kurang teliti.”

How deep this statement is…Really touch my deepest heart…Thanks for your appreciation to me sir. If I could , Let me say you are one of my best teachers I have.

Banyak hal yang aku pelajari sebenarnya dari beliau, terutama selama project ISO ini….Hingga akhinya sampailah ditanggal 19 Oktober 2012 lalu yang merupakan waktu terakhir sertifikasi audit setelah sebelumnya sudah dilaksanakan selama 2 hari. Hari itu adalah hari penentuan untuk rekomendasi apakah kami berhak memperoleh sertifikasi ISO 9K & 14K dari BSI (British Standard Institution). Seluruh project team termasuk dengan Presdir, GM berkumpul di meeting room untuk mendengarkan hasil audit selama 3 hari itu.

“Baru kali ini dari hasil audit, kami menemukan ada perusahaan yang tidak ditemukan finding. Oleh karena itu Hasil audit ISO 9001 : 2008 kami nyatakan High Excellent dan kami rekomendasikan untuk mendapat sertifikasi ISO 9001”

Dan…sesaat gemuruh suara tepuk tangan memenuhi meeting room, aku ingin sujud syukur rasanya saat mendengarkan hasil itu. Alhamdulillahirabbil’alamin…Sesaat bapak melihat ke arah ku sambil tersenyum seperti berkata terima kasih atas bantuannya. Dan akupun bersyukur atas semua ini…Aku pandangi semua satu persatu wajah yang hadir disana, rasanya aku ingin mengatakan “What a great team? Thanks Allah…”

After Announcement Audit Result

Rasanya aku ingin mengucapkan terimakasih banyak pada setiap orang yang hadir. Kini…tentu semua menjadi memori yang perlu diabadikan dalam ingatan dan menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan🙂

NOLI sudah terlalu banyak memberikan kenangan tersendiri dalam salah satu bilik hati ku…

Mba Fidia, teman seperjuangan ku yang sama-sama pusing ngurusin ISO 14001. Kita yang selalu saling menyemangati ditengah-tengah kegalauan menghadapi deadline sertifikasi.

Mba Putri, yang udah bela-belain nemenin aku lembur sampe malem-malem…celetukan celetukannya yang selalu gak bisa diprediksikan sering menciptakan tawa dan menghilangkan rasa bosan plus jenuh ku. Ditambah lagi Cerita-cerita tentang shita ponakannya yang unyuuuu banget😀

Mas Mukhlis & Nunu yang udah bantuin fotocopy segitu banyak dokumen plus stempel satu satu. Temen ngobrol juga kalo kita lagi pada gak jelas di ruangan barengan sama mba putri juga…hehe😀

Mba Aas yang udah merelakan waktu nya buat dengerin ocehan aku dari yang penting sampe enggak. Walaupun itu bukan urusan kerjaan…hehe

Mas Arief…orang yang jarang ngobrol sama aku. Sekalinya ngobrol dicurigai sama yang lain…Hadeeuuh… -_-“ . Langsung jadi bahan gosip, udah kayak selebritis dah…😀 .

Bunda & Mba Lika adalah accountant sekaligus fotografer professional. Yang rela aku tanya-tanya tentang fotografi + minjemin kameranya buat belajar…hehe

Mba Nita, Pak Rahmad, Pak Rei, Pak Indra, Pak Andri & Mba Ria orang yang paling sering aku repotin + gangguin didepartmennya masing-masing disela2 pekerjaan wajibnya selama ISO ini. Domo Arigatou atas bantuannya…

Mba Fe yang udah mau berbagi banyak pengalamannya sama aku…

Mba Nana yang udah banyak support selama ISO ini…

Mba Esa yang paling rajin banget masak buat makan siang, makasih buat icip-icip masakannya ya…hehe…..

Nanda yang paling rajin aku kirimin NCR, sampe pusing aku tagih terus follow upnya…hehe…

Pak Erwin & Pak Thesar yang udah mau bantu ke lapangan kalo-kalo ada perlu…

Pak Deden yang udah setia jadi temen berantem aku maksudnya dalam rangka ledek meledek sampe meledak😀

Dan semua Manager yang udah baik banget selama ini, terutama Bapak…

***

I will miss you all…

I will miss “Shalat berjamaah”…

I will miss our “Taisho” every morning…

I will miss our Lunch in canteen…

I will miss “Tidur Siang bareng di mushola” …

I will miss our “Arisan” every month…

I will miss how to order our lunch every 10.00 P.M…

I will miss shita story from mba putri…

I will miss “lembur bareng”….

I will miss coffee creamer made by Bubun…

I will miss obrolan dalam jemputan….😀

I will miss my extension 111, what a lucky number…hehe…

And So on…. So on….

I will miss you….

And Thanks for everything

Thanks For Bapak untuk Farewell Party -nya ….🙂🙂🙂

My Farewell with QC Dept

30 September 2012

Linda J Kusumawardani

Pembelajar dari Kehidupan

One thought on “NOLI…I Will Miss You :’)

Tinggalkan Balasan

