Chemistry Vs ISO 9001:2008

ISO 9001 Vs…

 Kimia….

2 minggu kebelakang adalah waktu yang berbeda untuk saya, tapi ini bukan dari total waktu perhari nya yang bertambah. 2 minggu lalu adalah minggu pertama saya harus membiasakan diri berada di 3 kota selama 1 minggu, yaitu Depok, Bogor lebih tepatnya Cileungsi (ini sih bukan kota…😀 ), Bekasi lebih tepatnya lebih jauh dari itu, Cibitung. Tentu hal yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, karena semuanya cukup membutuhkan waktu yang lama dalam perjalanannya. Masing-masing kurang lebih 1,5 sampai 2 jam.

Namun…Saya sangat bersyukur, alhamdulillahirabbil’alamin bisa menjalani semua itu yang semuanya jauh diluar dugaan saya. Mengapa? Karena yang saya bayangkan sejak awal-awal bulan Juni setelah menerima pengumuman kelulusan tes SIMAK UI adalah saya sudah mulai berhenti bekerja pada awal September dan sudah mulai fokus dengan kuliah master saya. Yang itu berarti saya harus meninggalkan project yang sedang saya lakukan ditempat saya bekerja, yaitu ISO 9001:2008 dan 14001:2004 dengan masa kerja Juli-Oktober. Saya sendiri merasa berat meninggalkan project ini ditengah jalan, banyak hal yang saya pertimbangkan. Pertama adalah tanggung jawab untuk menyelesaikannya hingga akhir, terlebih kepada manager saya yang sudah memberikan tanggung jawab untuk me-lead project ini tepatnya ISO 9001:2008. Saya sampai tidak ingin lagi membayangkan bagaimana raut wajah beliau saat menyatakan ingin resign, air mukanya berubah seketika yang jelas itu tiba-tiba memberikan perasaan bersalah pada diri saya.

Yang Kedua yang membuat saya berat meninggalkannya adalah karena ini merupakan bagian dari salah satu harapan saya dimasa lalu, sebuah keinginan dimana saya ingin melakukan set-up sistem ini dari awal sampai akhir. Saya ingin mempelajari itu semua. Dan ini adalah hal yang benar-benar saya tunggu selama beberapa tahun yang lalu sejak salah seorang guru terbaik saya Alm. Pak Agie menceritakan tentang pengalamannya yang sama. Namun, itu semua harus saya ikhlaskan dalam perjalannya hingga ternyata benar-benar datang pada waktu yang tepat, injury time di saat saya memutuskan untuk berhenti bekerja dari dunia Industri.

Hmmpff….itulah hidup, terkadang skenario-Nya tak pernah bisa diduga.

Sampailah sudah pada awal September ini, diminggu pertama tepatnya saat itu adalah 7 September 2012 saya memulai aktivitas kuliah saya. Setelah saya absent pada hari kamis (Jawal kuliah perdana) dikarenakan ada sebuah event Grand Opening Ceremony ditempat saya bekerja. Walau begitu Jum’at dan sabtu saya lalui dengan penuh semangat dan antusias. Yang ini berefek dengan Tidak ngantuk selama dikelas (hehe…) dan saya menulis banyak catatan pada binder yang sudah saya beli (baru lho..😀 ). Saya berkenalan dengan orang-orang baru dan banyak berbincang dengan mereka (Senangnya…🙂 ).

Oya, Saya mengambil jurusan kimia. Lebih spesifiknya Kimia-Non Hayati. FYI yah, Di jurusan kimia sendiri untuk S2 terdapat 3 spesifikasi yaitu Hayati, Non Hayati dan Bioteknologi. Nah saya mengambil yang Non Hayati. Kelas yang saya ambil, Non-Hayati orang-orangnya tidak banyak, hanya sekitar 11 orang yang terdiri dari 9 orang kartini dan 2 orang kartono…hehe.

Minggu pertama berjalan begitu saja dengan meninggalkan 2 tugas dari salah satu mata kuliah Kinetika Kimia dihari kamis yang saya tidak masuk waktu itu. Yang pertama adalah membuat resume dari 2 bab dan yang kedua adalah mengerjakan soal sebanyak 7 soal dikali 2, yang itu berarti jumlahnya 14 soal. Mana saya gak hadir waktu itu…!!!!MasyaAllah gimana saya gak pusing waktu baca soal-soalnya dari buku PW Atkins yang tulisannya dalam bahasa inggris itu. Saya harus mereview dulu semua pelajaran itu, teori kinetika gas, persamaan gas ideal, persamaan Maxwell, persamaan Boltzman dan lain-lain…

Akhirnya…saya mendapatkan juga copy-an buku yang saya perlukan hari Sabtu siang untuk mengerjakan tugas-tugas itu. Seselesainya kuliah saya beranjak sebentar ke perpus ui dengan cara berjalan kaki, sambil menikmati pemandangan. Saya kesana untuk mencari beberapa literature yang semoga membuat saya lebih cepat memahami lagi tentang teori-teori itu. Namun, buku yang saya cari tidak ada diperpus…(Panik saya ceritanya…😀 ) . Karena saya mengharpakan setidaknya saya punya bekal selama senin-rabu untuk mengerjakannya. Akhirnya pergilah saya kebawah ke tempat Lab. Kom nya yang semua PC nya sudah difasilitasi dengan Apple.

Walau tak sempat banyak browsing karena waktu itu sudah hampir ashar, tapi sudah lumayanlah bahan yang saya cari sebagai modal belajar. Akhirnya…saya pergi meninggalkan perpus menuju masjid Salam UI untuk melaksanakan shalat ashar. Nah, sampai sini kaki saya terasa pegel banget. Baru sadar kalo saya udah jauh banget jalan-jalan, mulai dari Fakultas MIPA kemudian ke perpus dan terakhir ke Masjid Salam UI.

Setelah selesai shalat, saya mendapatkan inspirasi ( petunjuk dari Allah..🙂 ) yang akhirnya saya mencoba untuk meminjam buku pada adik-adik tingkat di AKA, tempat kuliah saya dulu. Setelah sent sms…finally ada yang meng-iya-kan akan meminjamkan buku itu pada saya, Yesss! (Alhamdulillah, makasih ya Allah…😀 ). Buku itu pada akhirnya saya ambil hari Ahad di Bogor.

Ternyata semua tak sesuai rencana…senin-selasa kegiatan saya dikantor cukup padat merayap. Hanya saat perjalanan menuju kantor saja yang bisa dimanfaatkan untuk membaca teori-teori dalam fotocopyan itu. Saat istirahat yang tadinya sudah direncanakan untuk mengerjakan soal-soal itu ternyata tidak bisa karena banyak PR ISO yang harus diselesaikan ditambah training Internal Auditor full selama 2 hari. Selama 2 malam dirumah pun, saya mencoba mengerjakan resume 2 bab itu yang Alhamdulillah bisa diselesaikan selasa malam. Itu artinya tinggal 14 soal yang harus saya kerjakan.

Inilah puncaknya, hari Rabu. Saat saya diminta untuk menjadi Lead Auditor.…yang akhirnya menjadikan saya harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk Opening Meeting Internal Audit esok harinya, walau sudah dipastikan saya tidak bisa menghadiri acara itu saya tetap harus menyelesaikannya. Saya pun mempersiapkannya hingga pukul 20.30. Bersama dengan Mba Putri yang kebetulan waktu itu lembur juga, kami pulang dengan menaiki naik taksi sampai rumah masing-masing. Saya sendiri sampai rumah sekitar pukul 22.00. Shalat, bersih bersih kemudian mengerjakan tugas hingga pukul 02.30 pagi dan itu pun belum selesai, MasyaAllah…menyerah sudah saya! akhirnya setelah saya shalat malam saya langsung tertidur selama 2 jam. Pukul ½ 5 pagi saya sudah terbangun lagi, sempat sahur sebentar kemudian alhamdulillah 1 soal saya kerjakan selebihnya saya tinggalkan padahal sisanya masih ada 8 lagi..hehe. Dengan terburu-buru saya merapihkan keperluan saya dan jam 06.00 teng saya berangkat dari rumah menuju depok. 2 hari setelahnya fisik mulai terasa drop. Mungkin ini karena faktor 3 hari sebelumnya saya coba PP Cileungsi-Depok, dan ternyata lumayan cape dijalan.

Hari sabtu malam selepas pulang kuliah, rasanya gak karuan panas-dingin, kadang-kadang menggigil, bibir pecah-pecah, pucat (kata mama), sakit kepala…Astaghfirullah… (kalau tidak salah ini adalah gejala Tipes)

Setelah minum obat dan istirahat, Alhamdulillah Minggu pagi sudah lebih baik….eh, siangan sedikit sebelum saya berangkat ke Bogor kok tiba-tiba kunang-kunang. Setelah duduk sebentar dan saya pastikan tidak apa-apa saya berangkat juga ke Bogor siang itu. Ternyata sesampainya di Bogor, kebetulan acara yang harusnya saya hadiri ba’da dzuhur di cancel. Artinya agenda saya tinggal satu hari itu, yaitu menghadiri Walimatus Safar teman saya yang akan berangkat haji tahun ini. Sambil menunggu Ashar mencari Masjid yang dekat dengan tempat acara, karena suhu badan yang sudah mulai meninggi dan saya harus istirahat. Sesampainya dimasjid pukul 14.30 saya langsung mengambil posisi dan tidur  sampai ashar (dibangunkan dengan adzan ashar muadzin…😀 ). Pas bangun, Alhamdulillah sudah lebih baik….

Setelah selesai urusan saya di Bogor, pulanglah segera saya kerumah…Sesampainya dirumah mama sudah standby dengan Madu, Obat dan tentunya pijatan sayangnya hingga saya tertidur pulas…makasih ya ma🙂

Dan pada akhirnya, memang ini semua tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Saat dulu saya pernah menjalani Kuliah-Kerja mungkin tidak seberapa karena jarak salah satunya yang masih dekat dan faktor-faktor yang lain. Walau begini yang saya harus jalani selama 1,5 bulan terakhir saya akan berusaha memberikan yang terbaik sebelum keluar dari tempat kerja ini nanti dibulan oktober dan semoga apa yang saya lakukan bisa bermanfaat disana. Dan Setelah oktober, saya meyakini akan ada hal bermanfaat lain yang akan saya kerjakan sambil menuntut ilmu.

Ibarat elektron yang selalu berpasangan, kini electron itu sudah genap dalam diri saya. Setelah salah satu terlepas nanti, maka kekosongan itu akan berusaha diisi oleh elektron-elektron lain dari kulit terluar. Dan tentunya elektron tidak akan stabil bila dia tidak berpasangan…Maka, saya pun begitu ISO 9001:2008 dan Kimia adalah sepasang elektron yang ada dalam benak saya yang harus diselesaikan saat ini, insyaAllah hingga akhir oktober.

Setelah ini akan ada masa lain yang akan saya lewati untuk menggenapi elektron itu kembali, InsyaAllah…

17 September 2012
Linda J Kusumawardani
Pembelajar dari Kehidupan

4 thoughts on “Chemistry Vs ISO 9001:2008

  1. ISO 9000 Quality Management System dengan requirement ISO 9001: 2008 saat ini,( the next ISO 9001: 2015) merupakan manajemen pendekatan sistem yang tidak mudah untuk di-aplikasikan permasalahannya budaya kerja kita yang kurang mendukung.Nah kalau memiliki rasa ketertarikan ke ‘manajemen’ tersebut lanjutkan.

    ISO 9000 Quality Management System dengan Goal –> ‘Customer Satisfaction’ , customer satisfaction yang dimaksud adalah ‘by meeting the customer requirement’. Meeting (pemenuhan) persyaratan konsumen (and other stakeholders) ini yang menjadi program kerja ( Quality Planning) untuk menghasilkan prosedur, petunjuk kerja, flow chart, record and other forms yang dipakai utuk mengontrol pemenuhan persyaratan stakeholders dengan clausal 4.2.4.Control of record dan 4.2.3. Control of document, ok.

    Good Luck all of you.
    tekuni terus ISO 9000 dan update, jangan lupa control of record lanjutkan ke ISO 30300 management System for Record.

Tinggalkan Balasan

