Evaluasi Yuuk….

Wah…sangat tidak terasa bulan Februari ini akan segera berakhir. 2 bulan sudah terlewati ditahun 2011 atau 3 bulan sudah terlewati di 1432 H. Ehmm….ternyata semua berlalu hanya masih sebatas usaha…UPPSSS…salah salah…USAHA tidak bisa disebut “HANYA”. Kenapa???…karena dengan usaha itulah kita bisa menjadi sukses. Tanpa adanya usaha ya kita gak akan pernah berhasil. Ya…minimal usaha untuk mencoba. Setuju kan???

Belajar….belajar…sekarang sedang banyak belajar😀. Belajar membaca maksud Allah. Karena “Allah sedang berbicara pada ku” mengenai hikmah dari semua yang telah diberikannya. Ya ya…ternyata banyak sekali pemberian Allah pada saya yang bukan siapa-siapa ini selama 2-3 bulan ke belakang yang pada akhirnya memberikan pelajaran pada saya mengenai banyak hal. Apakah itu???

1. Semakin menikmati hidup

Beruntungnya saya…Allah masih memberikan kesempatan pada saya untuk bisa mengambil hikmah dan belajar mengenai Dahsyatnya ilmu kesabaran dan keikhlasan dari orang-orang sekitar, yang sering menjadi obat bagi saya saat benar-benar membutuhkannya. Sehingga saat ini saya senang dan lebih lebih lebih menikmati hidup (eits…bukan berarti sebelumnya tidak menikmati ya…). Kalau sudah begini rasanya memang tidak mau jauh-jauh dari Allah😀. ya Allah jangan jauh-jauh dari ku ya…Amin.

Walau beberapa minggu terakhir ikatan rangkap dalam kepala saya ini semakin berkurang, yang artinya sudah “Jenuh” (bahasa kimia ceritanya), tapi pada akhirnya perlahan ikatan-ikatan itu kembali bertambah rangkapnya, Alhamdulillah. Makasih ya Allah.  Karena saya sudah terlanjur berjanji pada diri saya sendiri, saya tidak akan pernah membiarkan perasaaan itu terlalu lama “nongkrong” di otak saya yang bisa-bisa menggerogoti ikatan keyakinan (akan pertolongan Allah) didalamnya.

“Hey kamuu yang bernama kejenuhan, kelelahan, kebosanan, dan teman2 mu yang lain. Kalian tidak akan betah berlama-lama menghinggapi otak saya…”

Oh ya…setelah saya pelajari dan pikir-pikir ternyata prinsip mereka itu sama banget dengan bakteri “Biofilm” yang sangat sulit sekali dihilangkan kalau sudah berada dalam pipa-pipa transfer air. Wah…kalo udah begini urusannya, nyang punya pabrik bisa stress dibuatnya. Karena produk2 mereka bisa terjangkit mikroba….(gak release release…) Bahkan air panas yang suhunya 100 oC aja gak menjamin bisa membunuh si biofilm itu. Harus pake chemical agent tambahan ya seperti hydrogen peroksida dan proses pembunuhannya tentu lebih sulit lagi.

Ya ya…saya cukup sangat belajar dari makhluk kecil yang Allah ciptakan itu yang memiliki prinsip kehidupan yang sama dengan rasa jenuh, malas, bosan, lelah dan lainnya itu…hufft…sebelum semakin sulit dihilangkan, maka keberadaannya harus segera ditangani. So…corrective dan preventive actionnya harus jelas….(quality banget bahasanya….)

2. Refresh Program Kerja Lengkap dengan Deadline-nya

Nah…ini nih. harus direfresh kembali semua Proker/planningnya. Plan A sudah menanti di first line. Jika tidak terlaksana…Plan B segera direlease dan menggantikan Plan A. ya…begitulah hidup. Segala sesuatunya harus dibuat alternativenya. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan Allah tetapkan bagi kita kan. Biar Allah yang Maha Baik saja yang memilihkan bagi kita yang mana yang sesuai dan baik bagi diri kita.

Setelah dievaluasi dan validasi ternyata selama 2-3 bulan kemarin untuk beberapa hal diperoleh hasil validasi yang masih memiliki nilai presisi dan akurasi yang rendah untuk mencapai target…wah…ini menunjukkan beberapa bagian harus dilakukan continous improvement. Langsung aja klo gtu ke point selanjutnya.

3. Continous Improvement

Baiklah…kali ini berusaha meningkatkan continous improvement (halah…bahasanya) dari bulan-bulan yang telah berlalu itu dari segala bidang. Semua…semua…ini azzam…(penulisan azzam di capslock lho)…mulai dari manajemen keuangan, manajemen waktu, manajemen tarbiyah, manajemen diri, manajemen rumah (*tangganya menyusul hehe..), de el el …Semua itu segera dilakukan continous improvement dalam waktu sesegera mungkin…Ya Allah saksikanlah…

4. Evaluation Planning

Evaluasi pertama setelah 2-3 bulan sudah dilakukan, dan improvement sudah direncanakan untuk melakukan perbaikan (hadeuh…bahasanya). So, rencananya nanti setelah 1 bulan ini dilihat lagi efektivitasnya berdasarkan hasil validasi terhadap target yang akan dicapai. Semoga masih dipertemukan sampai akhir bulan maret…Amiiin ya Allah…dan semoga semua perbaikan dan usaha akan mendapatkan hasil dengan nilai presisi yang lebih baik.

Kalau bahasa Statistical Process Control (SPC) mah, nilai Cp > 1,33 Cpk juga > 1,33 dan nilai SD (Standar Deviasi) < 1 untuk mencapai Process Capability yang presisi dan akurasi…

Baiklah….sekedar sharing aja.semoga tetap semangaaaaat ya dan semoga diberikan kemudahan…Amin…😀. Jangan lupa terus berusaha, berdoa dan tawakal ya…

Bogor, 27 Februari 2011

Linda J Kusumawardani

Blogger ^Ketika Setiap Kata Bermakna^

One thought on “Evaluasi Yuuk….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s