Sedikit Menengok Pendidikan Indonesia…

 

Mencoba menyemangati diri sendiri dengan menulis ini….

Mengingat kembali azam dan niat dalam hati untuk maju terus pantang mundur…*Lho???kok jadi kayak quiz gini….hehe…biar ga stress ah….ceritanya lagi stress nih…^_^

Kembali mengingat isi dari UUD ‘45 yang berbunyi “Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa….”…truz maksudnya????hehe

Kali ini sedikit ingin menulis mengenai dunia pendidikan Indonesia dari sudut pandangku dengan memperhatikan kejadian2 yang telah ku lihat…

Langsung saja…

Dunia pendidikan Indonesia akhir-akhir ini memang sangat memprihatinkan. Saat ini kita ketahui semua sekolah yang berstatus negeri digratiskan, katanya sih gratis. Tapi pada kenyataannya masih ada pungutan-pungutan liar tak bertanggung jawab yang dilakukan (memang sih tidak di semua sekolah, tapi oknum2 yang melakukan tindakan seperti ini ada lho…). Belum lagi kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh para oknum guru pada siswa/i nya (info dari berita-berita kriminal) semakin tinggi. Sekarang bagaimana pendidikan bangsa Indonesia ingin maju bila pendidiknya saja tidak memberikan teladan yang baik (MasyaAllah….). Padahal nasib kemajuan suatu bangsa adalah dilihat dari bagaimana kualitas anak-anak bangsa itu sendiri. Apa yang ingin diharapkan bila anak-anak bangsa itu dididik melalui tindak kekerasan dan tidak manusiawi.

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini pun juga ditentukan oleh biaya yang harus dikeluarkan oleh para orang tua. Kalau dulu banyak sekali orang tua yang bangga anaknya berhasil masuk ke sekolah-sekolah negeri baik SD, SMP atau SMA. Namun saat ini tak bisa dipungkiri bila banyak sekolah-sekolah swasta yang menawarkan kualitas lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah negeri. Bahkan saat ini banyak sekolah-sekolah swasta yang lebih menawarkan fasilitas yang lebih dengan mutu yang lebih baik. Namun, ya…kembali lagi ke biaya. Untuk mendapatkan kualitas sekolah yang seperti ini tentunya biaya yang dibutuhkan cukup tinggi….(lagi2 biaya…).

Belum lagi bila seorang anak sudah dewasa dan akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi (Tingkat Universitas) berapa biaya yang harus dibutuhkan??? Seolah-olah inilah yang menjadi momok bangsa indonesia, pendidikan hanya dimiliki oleh orang-orang kelas menengah ke atas. Tidak sedikit anak-anak bangsa yang cerdas tidak memiliki cukup biaya untuk melanjutkan sekolahnya….(memprihatinkan…). Ada beberapa orang diantara mereka yang memilih menyerah untuk tidak melanjutkan pendidikan. Namun ada juga diantara mereka yang bersusah payah untuk tetap melanjutkan, contoh Andrea Hirata (ceritanya sangat menginspirasi).

Cerita lain lagi nih, masih seputar pendidikan dari salah seorang temanku yang mlanjutkan kuliah S1 nya disalah satu Univ swasta ini menggambarkan bahwa “money” masih menjadi masalah di dunia pendidikan. Sebuah cerita yang sungguh sangat menyedihkan, namun aku yakin tidak semua universitas seperti itu. Karena masih banyak orang-orang yang mau bertanggung jawab atas amanah yang dipegangnya tanpa harus diiming-imingi uang.

Begini ceritanya…temanku sedang menyelesaikan tugas akhir S1 nya, saat itu dia ingin daftar sidang skripsi. Semua biaya administrasi pun sudah diselesaikan olehnya terkait dengan ini. Tapi…temanku tdk bisa memberikan hardcopy skripsinya kepada para penguji karena dirinya harus bekerja sebelum hari sidang itu tiba. Kalau pengalaman dari kampus sebelumnya hal tersebut secara otomatis akan diurus oleh pihak kampus, yang penting seluruh administrasi sudah beres. Namun apa yang terjadi padanya???temanku dimintai lagi uang sebesar 30 ribu oleh salah seorang dari pihak jurusan untuk masalah ini. Padahal seluruh biaya administrasi sudah diselesaikan olehnya. Sebenarnya nominalnya bukanlah menjadi masalah, namun hal-hal semacam ini sering dialaminya. Jadi, jika dikumpulkan dari awal kuliahnya sudah buanyak sekali. Dan ini baru 1 orang mahasiswa, bagaimana dengan mahasiswa yang lain????wah, keuntungan yang bisa diambil cukup banyak yah….Hmm ….menyedihkan. Ya…sekali lagi aku yakin hal seperti ini tidak terjadi disemua kampus (karena kampus ku tidak begitu…^^). Namun oknum2 semacam ini ada dan bisa memperburuk citra pendidikan di Indonesia yang apa-apa harus menggunakan uang….-_-“.

“Mau sekolah kok kayaknya susah amat….”. Mungkin hal ini bisa terlintas dalam pikiran beberapa orang yang merasa kondisi keuangannya tidak memadai. Hmm…ya lagi-lagi menjadi PR bangsa ini bagaimana agar pendidikan bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dicapai.

Oh ya, selain itu….ini juga tidak kalah menyedihkan. Ketika aku mampir ke salah satu universitas ****** (sensor….hehe). kemudian aku makan diarea kampusnya, sungguh sangat menyesakkan sekali ketika aku melihat ada 2 orang wanita SPG rokok yang berpenampilan hmm…ya begitulah..menawarkan rokok-rokok itu ke para mahasiswa. Ini pemandangan yang tidak biasa bagiku. Kok bisa-bisanya ada SPG roko disekitar lingkungan kampus…ckckckck…gak habis pikir. Saat itu mahasiswa yang ditawarkan tepat disamping ku…namun, aku tidak bisa berbuat apa-apa (lagi-lagi hanya mengingkari dalam hati). Mahasiswa yang ditawarkannya pun menyambut baik dengan senang hati…MasyaAllah, mau jadi apa bangsa ini bila orang-orang muda nya seperti ini????Astaghfirullah…

Seharusnya sekolah baik SD, SMP, SMA bahkan tingkat universitas tidak hanya mendidik para calon penerus bangsa ini dari sisi akademis, namun juga harus dilandasi dengan kokohnya keimanan. Sehingga akan tercipta generasi-generasi yang sangat maju pemikirannya disegala bidang dengan berbekal keimanan (penting nih….).

Hmm….ya ikut terjun ke dalam dunia pendidikan terutama di Indonesia adalah hal yang sangat menarik bagi ku. Ingin rasanya aku pun ikut berperan di dalamnya, ikut membenahi semrawutnya benang-benang birokrasi yang menyimpang…Ya, insyaAllah ASAP…a.k.a As Soon As Possible…Amiin. Walaupun untuk saat ini memang belum ada kesempatan secara langsung untuk terjun ke dunia itu. InsyaAllah suatu hari nanti…

Saat ini aku hanya bisa terjun dari luar dengan mengikuti salah satu organisasi yang concern dalam memajukan pendidikan Indonesia,. Semoga ini sebagai langkah dan modal awal ku untuk nanti….Amiin…

 

Mungkin itu yang dapat di share…

Niatnya memotivasi diri sendiri, namun semoga juga bisa memberi manfaat bagi yang baca dan Alhamdulillah…setelah menulis, sedikit termotivasi….^^

 

Linda J Kusumawardani

28 Oktober 2010

Blogger ^Ketika Setiap Kata Bermakna^

2 thoughts on “Sedikit Menengok Pendidikan Indonesia…

  1. Like this sista ….

    ckckck

    Skrg qt baru bisa “sedikit menengok”
    selanjtnya kita brg2 dgn org2 yg punya visi yg sama akan membenahinya

    SEMANGKA ^^9

    • SEMANGKA Sist…Eh, bukan krn salah satu cerita diatas kan “like this” nya..😀

      Amiiin ya Allah..
      InsyaAllah kita akan termasuk orang2 yg ikut berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, especially for Islam. Sudah saatnya Ilmu Pengetahuan kembali dlm genggaman Islam…^^9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s