Manfaat Pisang…..^^

Sekali-sekali nulis mengenai kesehatan….tentang apa, ada yang tahu…???yupp sesuai judulnya…simple thing but important….Manfaat Pisang….mudah2an bermanfaat….*Diambil dari berbagai sumber….

Nah…Ada yang suka Pisang? Setelah baca tulisan ini, pasti makin suka deechh.. ^_^

Atau ada lebih suka buah-buahan lain?? Baca dulu ini, baru ambil keputusan suka atau engga.😀

Ok dech, mudah-mudahan bermanfaat ya!!😉

Setelah membaca ini, kamu akan melihat kelebihan dari buah PISANG

Buah Pisang : Mengandung tiga jenis gula alami – Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa yang dikombinasikan dgn FIBER, Pisang memberikan tambahan sokongan energi yg langsung cukup banyak. Penelitan telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah pisang mendukung energi yang cukup utk kuat selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang merupakan buah nomor satu yang banyak dikonsumsi oleh atlit dunia.

Namun bukan hanya energi yg dihasilkan, buah pisang juga dapat menjaga tubuh selalu fit. Dan membantu utk mencegah beberapa penyakit, diperlukan untuk menambah diet harian kita.

Depresi : Berdasar survey terbaru oleh “MIND” terhadap orang yang mengalami Depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang.

Oleh karena pisang mengandung Tryptphan, sejenis protein yg diatur tubuh menjadi Serotonin, diketahui dapat membawa efek relax, menambah suasana hati pada umumnya menjadi lebih baik.

PMS (Sindrom yg terjadi pada banyak wanita mulai 2 s/d 14 hari sebelum menstruasi) : Lupakan obat-obatan – makanlah buah pisang. Vitamin B6 yg terkandung mengontrol tingkat gloksa darah, yg dapat mempengaruhi kondisi tubuh lebih baik.

Anemia (Kekurangan darah) : Tinggi zat besi, buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) dan membantu kasus penyakit ANEMIA

TEKANAN DARAH : Buah unik tropis ini mengandung zat potassium yg cukup tinggi dan rendah garam, membuat tekanan darah menjadi lebih baik. Dan banyak lagi, sebuah perusahaan Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat mengklaim buah pisang dapat mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan penyakit STROKE

Vitamin/Energi utk OTAK : 200 orang pelajar sekolah di Twickenham (Middlesex) terbantu dalam ujian mereka tahun ini setelah setiap sarapan, istirahat dan makan siang selalu mengkonsumsi buah pisang sebagai pemacu kekuatan berpikir mereka. Penelitian juga memperlihatkan bahwa buah yg disertai zat potassium dapat membantu otot mata menjadi lebih awas.

SEMBELIT : Tinggi kadar fiber, dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut. membantu mengatasi masalah tanpa ber-efek murus-murus

RASA SAKIT PAGI HARI SETELAH MABUK ; Salah satu cara mudah/cepat mengobati rasa sakit adalah dengan membuat campuran buah pisang dengan milkshake, ditambahkan dengan madu. Buah pisang meredakan perut dan dengan bantuan madu dapat meredakan kadar gula, sedangkan susu selain menyegarkan juga membantu proses re-hidrasi sistem tubuh
(Lebih baik lagi kalau ngga usah mabuk-mabukan deh, haraam !)

Maag : Buah Pisang memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika anda menderita karena ada bagian yg sakit maag, coba utk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut.

Mual-mual dipagi hari : Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula anda untuk mengurangi rasa sakit/pegal2 sewaktu bangun pagi

GIGITAN NYAMUK : Sebelum menggunakan cream oles anti gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan tsb dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangii pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yg telah digigit oleh serangga.

URAT SYARAF : Buah pisang tinggi kadar  vitamin B yang membantu menenangkan sistem URAT SYARAF

KELEBIHAN BERAT BADAN DAN BEBAN PEKERJAAN : Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada pekerjaan mendorong kita utk mengkonsumsi  (lebih senang memakan) snack, coklat, keripik dsb. Memperhatikan dari 5000 pasien rumah sakit, ditemukan bahwasanya kebanyakan dari kasus obesitas (kegemukan) disebabkan oleh tekanan pekerjaan. Hasil laporan menyimpulkan bahwa untuk menghindari kecanduan makanan tersebut, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yg tinggi karbohidrat setiap 2 (dua) jam utk menjaga kadar gula tsb stabil

Bag.PENCERNAAN : Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut/halusnya susunan/tekstur dari buah pisang tsb. Hanya buah mentah inilah yg dapat langsung dapat dimakan tanpa harus susah2 mengolahnya. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut kita.

PENGENDALIAN SUHU : Banyak pendapat yg menyatakan bahwa buah pisang ini sebagai penyejuk/penyegar yg dapat mengurangi baik secara fisik maupun emosional calon Ibu. Di negara Thailand sbg contoh, w anita hamil memakan pisang utk memastikan bahwa bayi yg akan lahir dengan kondisi SAD yg terkendali ( SAD = gangguan/kecemasan sang calon ibu): Buah pisang membantu penderita SAD karena mengandung Zat alami Tryptophan = asam amino yg mengandung protein utk pertumbuhan dan metabolisme yg normal sbg penghasil niasin (niasin : vitamin A, B utk fungsi normal system syaraf pembuangan)

MEROKOK : Buah pisang dapat membantu orang yg akan berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6 dan B12 dan juga kandungan potasium dan magnesium membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat NIKOTIN (duhhh…lebih baik ga usah ngerokok juga deh, gak ada manfaatnya…)

STRES : Potasium merupakan mineral penting yg dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami STRES (gangguan pikiran yg dapt mengakibatkan gangguan badan), tingkat metabolisme mjd naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yg kaya dgn kadar potasiumnya

STROKE (jenis penyakit yg diakibatkan kehilangan fungsi dari anggota atau bagian lain tubuh saat aliran oksigen dlm darah menuju otak terganggu): Menurut penelitian “Jurnal Medis di New England “, memakan buah pisang adl bagian dari program DIET yg dapat mengurangi resiko kematian akibat STROKE sebanyak 40%.

Oleh karena itu memakan buah pisang merupakan pengobatan ALAMI utk pelbagai penyakit. Saat dibandingkan dengan buah APEL, pisang memiliki 4 kali lipat protein, 2 kali lipat zat karbohidrat, 3 kali lipat fospor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi, 2 kali lipat mineral dan vitamin lain. Juga kaya kadar potasium dan merupakan buah terbaik yg mudah didapat. Mungkin dapat dikatakan ” BUAH PISANG MEMBUAT KITA JAUH DARI DOKTER” karena kita selalu sehat….

Bogor, 22 Agustus 2010

Linda J Kusumawardani

Blogger ^Ketika Setiap Kata Bermakna^

10 thoughts on “Manfaat Pisang…..^^

  1. alhamdulillah an suka pisang dr kecil..:D
    nanye donk..
    kalau pisang dijadikan kolak, dan tntu sj kolak,ditmbhkn gula lg, shngga kandungn fruktosa dr pisang bertmbah atau berkurang?
    *an suka kolak pisang soalnya :hammer

    • Alhamdulillah…semakin suka pisang nih kayaknya skrg…

      Banana is one of my favorite fruits too…hmm..yummy…Klo kolak, memang banyak org yang suka makanan ini trmsk an…enak soalnya….😀

      Next, mencoba menjawab pertnyaan antm….*Sepengetahuan an aja y akh…
      yang an tahu, pisang dalam bentuk apapun insyaAllah manfaatnya tdk berkurang…bisa dikonsumsi langsung atau diolah k bntuk makanan lain, termasuk kolak.

      Tp, Kolak sendiri atau makanan yang manis2 yang lain itu mengandung karbohidrat sederhana dan terdapat gula sintesis,yg tidak alami berasal dari buahnya lgsung. sedangkan yang bagus itu adalah fruktosa atau sakarida2 alami dari buah yg bagus kualitasnya utk tubuh qta.

      Nah, pd saat qta berbuka yang sebenarnya kita butuhkan adalah karbohidrat kompleks bukan sederhana.

      Jadi, klo untuk berbuka puasa lebih baik kolaknya tidak dikonsumsi langsung, sabar dulu….. karena ketika berpuasa, kadar gula darah kita menurun. dan kalau qta lgsug makan yang manis-manis (karbohidrat sederhana), kadar gula darah akan melonjak naik, langsung tinggi shg sangat tidak sehat.

      Pertanyaannya pasti, truz buka puasa pake apa ?? jwbnya makan kurma scukupnya, minum air putih atau teh yang tidak trlalu banyak kandungan gulanya, shalat kemudian baru makan nasi seperti biasa. karena nasi adalah karbohidrat kompleks yg sbnrny dibutuhkan tubuh qta. dan jika qta mgkonsumsi nasi maka akn perlu waktu untuk diproses dalam tubuh, sehingga respon insulin dalam tubuh juga tidak melonjak. Karena respon insulin tidak tinggi, mk kcndrungan tubuh utk mnabung lemak jg rndh.

      Kalo dikaitkan dengan Hadist Rasul :
      Dari Anas bin Malik ia berkata : “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab(kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air. (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

      Nah, yg perlu diwaspadai kurma yg ada di Indo kebanyakan adalah bentuk manisan kurma yg kandungan gulanya sdh jauh berlipat2, bukan kurma segar. jadi juga tdk boleh berlebihan mengkonsumsinya saat berbuka….

      InsyaAllah begitu penjelasan yg an bisa akh, jadi kepanjangan gini ya….hehe😀
      *Tapi nanti konsultasikan aja sm ahlinya, ilmu an masih blm ada apa2nya soalnya…..

      Wallahu’alambishowab…..

  2. Ku sukaaa bgt ma Pisang (n_n)” coz kaya akan FOS (Fructooligosaccharides) sbg pre-biotic yang menyehatkan pencernaan dan mempunyai manfaat super lainnya (check FOS for further info)

    Nice Article Lind.. Sukses yaaa (^.~)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s